15 Tips Terbaik untuk Hidup Hemat

15 Tips Terbaik untuk Hidup Hemat



15 Tips Terbaik untuk Hidup HematHidup hemat termasuk kategori hidup yang sangat baik karena dengan terbiasa hidup hemat maka dari segi keuangan akan selalu aman . Tapi sepertinya agak sulit untuk hidup hemat karena kini banyak hal-hal menarik untuk di belanjakan tapi sebenarnya tidak perlu,  bagi Anda yang kesulitan dan butuh tips hidup hemat,

1.Buat list daftar kebutuhan Anda
Jika Anda baru gajian, jangan langsung di hambur-hamburkan.  Sebaiknya di atur dulu, berapa untuk kebutuhan Anda, berapa untuk ditabung in case ada keperluan mendesak.

2.Periksa daftar dan cari pengeluaran yang bisa Anda pangkas. Misalnya, bila biasanya Anda makan di luar saat di kantor, cobalah membawa bekal makan siang dari rumah. Anda akan terkejut melihat uang yang berhasil Anda simpan karena melakukan hal ini.

3.Bayar dulu semua tagihan, setelah itu sisihkan uang untuk disimpan. Dengan menyisihkan lebih dulu, pengeluaran akan lebih terkontrol dan Anda tidak panik saat mendadak membutuh uang. Selain menyimpan dalam bentuk tunai, simpan tabungan dalam bentuk yang tidak gampang diutak-atik. Misalnya, asuransi, deposito atau reksadana.

4.Biasakan MENABUNG
Ini penting. Kenapa? Agar Anda juga merasakan manis pahitnya berjuang sebelum mendapat keinginanmu. Misal, Anda ingin membeli barang tetapi harganya lumayan mahal. Ya nabung. Sisihkan uang sakumu sedikit demi sedikit untuk keperluan yang benar-benar penting.

5.Buat Rekening darurat
Nah untuk menjalankan niatmu agar tidak boros, sediakan satu rekening dimana Anda bisa menyisihkan uangmu dan niatkan agar Anda TIDAK menghabiskan uang tersebut. Uang itu untuk kebutuhan yang sangat mendesak, sehingga Anda tidak seenaknya menghabiskan uang itu untuk hal yang kurang perlu.

6.Bedakan mana KEBUTUHAN dan KEINGINAN
Anda harus bisa bedakan mana KEBUTUHAN, yaitu barang-barang atau hal-hal yang lebih Anda butuhkan, dan mana KEINGINAN, yaitu dorongan nafsu Anda aja. Prioritaskan kebutuhan Anda.

7.Survei harga di berbagai toko
Apabila banyak toko di sekitar kampus dan rumah kosmu, luangkanlah waktu untuk membandingkan harga-harga mereka. Lumayan kan jika Anda bisa berbelanja di toko dengan harga-harga barang lebih murah?

8.Cari barang alternatif atau tunggu diskon
Harus beli baju branded di mall kelas atas? Nggak mesti kan? Cari aja barang dengan kualitas bagus tetapi dengan harga yang lebih affordable. Atau rajin-rajin aja cari informasi kapan ada diskon.- dan untuk barang alternatif cobalah Membeli minuman dalam bentuk bubuk ketimbang kemasan botol,Membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus,Membeli merk toko, misalnya untuk air dan tisu.

9.Konsisten
ya konsisten termasuk dalam tips menghemat uang kali , karena dengan sikap konsisten dapat melatih diri kita terus menerus hidup hemat , dan tidak tergoda kembali ke hidup boros

10.Manfaatkan struk harga
Jika Anda berbelanja kebutuhan bulananmu di supermarket besar, enggak ada salahnya untuk memanfaatkan struk harga yang mereka sediakan. Dengan begitu, Anda akan tahu persis berapa uang yang harus Anda keluarkan sebelum mencapai kasir. Nah, kalau ternyata belanjaanmu melebihi budget, kami bisa langsung mengurangi barang-barang yang tidak perlu. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas keanggotaan pada pusat perbelanjaan. Fasilitas ini akan berguna ketika toko tersebut memberi diskon pada berbagai item.

11.Sebisa mungkin, hindari penggunaan kartu kredit
Kecuali, Anda bisa membayar seluruh tagihannya sekaligus saat jatuh tempo. Tak perlu jadi kolektor kartu kredit, dan gunakan kartu ini hanya saat darurat. Gunakan kartu debet, jadi Anda hanya membelanjakan uang sebatas kemampuan Anda.

12.Lunasi hutang kredit dan hindari terlambat membayar tagihan apapun
Jika sudah terlambat menghindari penggunaan kartu kredit Berusahalah untuk fokus melunasi hutang Anda ataupun memperkecil bunga yang harus dibayar secepatnya. Biasakan pula untuk membayar tagihan lainnya seperti listrik, telepon, air dan lain-lain tepat waktu supaya tidak kena denda yang hanya akan merugikan diri sendiri.

13.Lakukan servis berkala pada kendaraan Anda
Jangan sampai melewatkan jadwal mengganti oli. Periksa kondisi ban kendaraan Anda. Bersihkan secara teratur kendaraan Anda untuk menghindari kerusakan maupun karat. Hal-hal sederhana ini bisa memperpanjang usia kendaraan Anda, sehingga tidak perlu membeli kendaraan baru lagi selama beberapa waktu ke depan.

14.Aturlah penggunaan listrik Anda
Jangan lupa, pada saat sedang tidak digunakan, cabutlah aliran listriknya. TV yang dicabut listriknya, misalnya, jauh lebih irit daripada sekedar dimatikan saja. Saat tidak berada dalam ruangan, matikan lampu dan matikan AC atau kipas angin. Apalagi tagihan listrik makin lama makin mahal. Ini harus benar-benar dilakukan,

15.Rencanakan liburan dari jauh hari
Liburan tetap perlu, ya!.Liburan adalah sarana relaksasi yang mujarab, dan akan mendekatkan diri dengan orang-orang terdekat yang jarang bertemu karena kesibukan. Memesan penerbangan maupun hotel dari jauh-jauh hari akan jauh lebih murah daripada memesan secara mendadak. Rencanakan sejak awal tahun untuk liburan tengah tahun, misalnya. Sisanya bisa dipakai buat bersenang-senang di tempat tujuan.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogger indonugraha

0 Response to "15 Tips Terbaik untuk Hidup Hemat"

Posting Komentar