6 Trik Tips Bisnis Waralaba dari Bos McDonalds





6 Trik Tips Bisnis Waralaba dari Bos McDonalds

Berikut adalah enam tips cerdas berbisnis waralaba menurut Ray Kroc, pewaralaba pertama dan mantan CEO McDonald's, yang dikutip dari buku McDonald's: Behind The Arches karya John F. Love.

1. Temukan penjual waralaba berpengalaman
Pastikan bahwa penjual sudah berkecimpung lama dalam bisnisnya. Hal ini menandakan penjual sudah berpengalaman dan terbukti sukses. Misalnya, kita dapat melihat dari laporan keuangan dan cabang-cabang yang sukses.

2. Pilih waralaba yang diterima pasar
Waralaba yang mudah diterima pasar, sekaligus kita sukai, akan mempermudah Anda dalam penerimaan pasar dan pengembangan usaha. 

3. Pilih waralaba yang belum jenuh
Pilihlah bisnis yang belum jenuh atau masih dalam tahap perkembangan. Anda juga dituntut untuk peka terhadap jenis bisnis bersangkutan, termasuk tajam dalam melihat peluang pasar. Sebaiknya Anda memilih jenis usaha yang memiliki keunikan tersendiri.

4. Cermati isi perjanjian
Anda perlu mencermati isi perjanjian dengan seksama, misalnya seperti persentase uang muka dan royalti. Sesuaikanlah dengan kemampuan dan budget Anda. Jangan memaksakan diri demi mencari keuntungan. 

5. Carilah sistem yang mudah dipelajari
Pastikan bahwa sistem dalam bisnis yang Anda tuju mudah dipelajari. Semakin sederhana suatu sistem, semakin baik. Ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha dan mengembangkan bisnis Anda.

6. Ambil waralaba yang mendukung
Pilihlah waralaba yang memberikan dukungan berupa manajemen atau iklan. Usahakan jangan membeli waralaba yang sistemnya jual-beli putus. Selain risikonya lebih tinggi, sistem ini juga tidak cocok bagi Anda yang masih ingin coba-coba.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogger indonugraha

0 Response to "6 Trik Tips Bisnis Waralaba dari Bos McDonalds"

Posting Komentar