Contoh Soal Statistik Industri II

STATISTIKA INDUSTRI 



Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Pengklasifikasian menjadi statistika deskriptif dan statistika inferensia dilakukan berdasarkan aktivitas yang dilakukan.
Statistika deskriptif hanya memberikan informasi mengenai data yang dipunyai dan sama sekali tidak menarik inferensia atau kesimpulan apapun tentang gugus induknya yang lebih besar. Contoh statistika deskriptif yang sering muncul adalah, tabel, diagram, grafik, dan besaran-besaran lain di majalah dan koran-koran. Dengan Statistika deskriptif, kumpulan data yang diperoleh akan tersaji dengan ringkas dan rapi serta dapat memberikan informasi inti dari kumpulan data yang ada. Informasi yang dapat diperoleh dari statistika deskriptif ini antara lain ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, serta kecenderungan suatu gugus data. 
(Sumber : //id.wikipedia.org)



1. Sebuah Mesin menghasilkan potongan logam yang berbentuk silinder, sampel beberapa potongan    diukur dan ternyata diameternya 1,01, 0,97, 1,03, 1,04, 0,99, 0,98, 0,99, 1,01, 1,03. Hitunglah          selang    kepercayaan 99% untuk rataan diameternya potongan yang dihasilkan mesin tersebut bila dimisalkan  distribusinya hampir normal.
Jawaban :

   2. Sampel acak yang berukuran 20 dari suatu distribusi normal mempunyai rataan = 32,8, dengan  simpangan baku s  = 4,51. Buatlah selang kepercayaan 95% untuk
Jawab : 

   3. Sampel acak 12 paku penjepit gunting besar diambil untuk meneliti kekerasanrockwell kepala paku tersebut. Kekerasan rockwell keduabelas kepala paku diukur  dan pengukuran menghasilkan nilai rata-rata 48,50 dengan simpangan baku sampel 1,5 bila dimisalkan pengukuran berdistribusikan normal, buatlah selang kepercayaan 90% untuk rataan kekerasan rockwell
Jawab :

4. Sampel acak berukuran n1 =25 diambil dari populasi dengan simpangan baku 1 = 5, dan rataan 1 = 80. Sampel kedua berukuran n2 = 36 diambil dari populasi normal yang lain dengan simpangan baku 2 = 3, rataan 1 =  75, buatlah selang kepercayaan 94% untuk 1 -2
Jawab 

5. kekuatan dua jenis benang dibandingkan. Lima puluh potong  dari tiap jenis di bawah keadaan yang sama. Jenis A mempunyai  rataan daya tahan 78,3 kg dengan simpangan baku 5,6 kg, sedangkan jenis B mempunyai rataan tahan 87,2 kg dengan simpangan baku, 6,3. Buatlah selang kepercayaan 95% untuk selisih kedua rataan populasi.
Jawab:

   6. Suatu penelitian bertujuan menentukan apakah cairan A mempunyai pengaruh terhadap banyaknya logam yang tersingkirkan jika logam itu direndam dalam cairan tersebut. Suatu sampel acak 100 potong logam direndam selama 24 jam dalam cairan lain dan menghasilkan rata-rata 12,2 mm logam yang tersingkir dengan simpangan baku 1,1 mm. Sampel kedua dengan 200 potong logam yang  sama direndam selama 24 jam dalam cairan A menyingkirkan rat-rata 9,1 mmlogam dengan simpangan baku 0,9 mm. Hitunglah selang kepercayaan 98% untuk selisih kedua rataan populasi. Apakah cairan A menurunkan banyaknya yang tersingkir?
Jawaban:

    7. Diberikan dua sampel acak berukuran n1 = 9, dan n2 = 16 yang berasal dari dua proposal normal dengan x1 =64, x2 =59, s1 =6, s2 =5. Hitunglah selang kepercayaan 95% untuk 1 -2.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogger indonugraha

0 Response to "Contoh Soal Statistik Industri II"

Posting Komentar