MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
( MSDM )


     1.      APA ITU MANAJEMEN ?
Manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri atas fungsi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian kegiatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Manajemen dapat didefinisikan juga sebagai sebuah proses yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengen dalian karena apa yang direncanakan harus dilaksanakan dalam pelaksanaan paling tidak ada kegiatan untuk menyesuaikan rencana dengan struktur organisasi dan gaya kepemimpinan dan apa yang dilaksanakan perlu dikendalikan untuk menjamin agar pelaksanaan sesuai dengan rencana.

2.      FUNGSI FUNGSI MANAJEMEN
a.       Perencanaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang berkaitan dengan penentuan rencana yang akan membantu tercapaianya sasaran yang telah ditentukan.
b.      Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen yang berkaitan dengan pembagian kerja

3.      FUNGSI FUNGSI OPERASIONAL SDM
Secara umum, fungsi fungsi operasional SDM mencakup pengadaan, pengembangan, perencanaan dan pengembangan karier, penilaian prestasi, kompensasi (gaji, insentif dan kesejahteraan), keselamatan dan kesehatan kerja dan pemutusan hubungan kerja.
a.      Pengadaan Tenaga Kerja
Yang terdiri dari
-          Analisis Pekerjaan
Merupakan Suatu proses penyelidikan yang sistematis untuk memahami tugas tugas, keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan dalam sebuah organisasi
-          Perencanaan Tenaga Kerja
Merupakan Suatu proses penyediaan tenaga kerja dalam kuantitas dan kualitas yang diperlukan oleh sebuah organisasi pada waktu yang tepat agar tujuannya dapat dicapai.
-          Penarikan Tenaga Kerja
Merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk memperoleh sejumlah calon karyawan yang memenuhi persyaratan berkualitas
-          Seleksi
Tujuan seleksi untuk mendapatkan tenaga kerja yang memenuhi syarat atau mempunyai kualifikasi sebagaimana tercantum dalam spesifikasi pekerjaan untuk mendapatkan karyawan yang dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan.
b.      Pengembangan Karyawan
Pengembangan karyawan dapat dilakukan melalui orientasi, pelatihan dan pendidikan.
-          Orientasi
Orientasi dapat hanya berupa pengenalan sederhana dengan karyawan lama atau pemberian informasi mengenai kebijakan kebijakan di tempat kerja
-          Pelatihan
Suatu usaha untuk meningkatkan keterampilan karyawan untuk melakukan pekerjaan tertentu, diberikan kepada karyawan baru yang diterima guna memperkenalkan tugas yang akan dikerjakan.
-          Pendidikan
Suatu usaha untuk meningkatkan pengetahuan / pemahaman tentang suatu pekerjaan.
c.       Perencanaan dan Pengembangan Karier
Karier merupakan suatu rangkaian aktifitas kerja yang terpisah, tetapi berhubungan dan memberikan kesinambungan, keteraturan, dan arti kehidupan bagi seseorang. Perencanaan karir adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang memilih tujuan karir dan mengenali cara atau jalur mencapai tujuan tersebut
d.      Penilaian Prestasi Kerja
Merupakan sebuah proses yang ditujukan untuk memperoleh informasi tentang kinerja karyawan. Digunakan sebagai input dalam melaksanakan hamper semua aktifitas MSDM lainya yaitu promosi, kenaikan gaji, pengembangan dan pemutusan hubungan kerja.
e.       Kompensasi
Merupakan segala bentuk penghargaan (outcomes) yang diberikan oleh organisasi kepada karyawan atas kontribusi (inputs) yang diberikan kepada organisasi
f.       Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Merupaka perlindungan karyawan dari kecelakaan di tempat kerja, sedangkan kesehatan merujuk kepada kebebasan karyawan dari penyakit secara fisik maupun mental.
g.      Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
PHK merupakan sebagai pengakhiran hubungan kerja antara pekerja dan pengusaha sehingga berakhir pula dan kewajiban di antara mereka.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogger indonugraha

0 Response to "MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA"

Posting Komentar